7 Destinasi Wisata yang Terdapat di Uang Kertas Rupiah, di Mana Saja?

Indonesia merupakan negara yang memamerkan dan mengabadikan beberapa destinasi wisata dalam lembaran mata uang kertas. Berikut tujuh di antaranya.

1. Raja Ampat di Pecahan Uang Rp 100.000Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat (bagian Kepala Burung Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Raja Ampat menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, selain itu ia menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan bawah laut. Maka tak heran kepulauan ini diabadikan di lembar uang Rp 100.000 milik Indonesia.

2. Taman Nasional Komodo di Pecahan Uang Rp 50.000Taman Nasional Komodo terdiri atas tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil lainnya. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

Pada tahun 1980, Taman Nasional Komodo didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Sebab terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia.

Bersama dengan komodo, setidaknya ada 25 spesies hewan darat dan burung, masuk dalam kategori hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas. Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan Taman Nasional Komodo.

Simbolis keindahan Taman Nasional Komodo bahkan diabadikan dalam lembar uang Rp 50.000.

3. Kebun Teh Malino di Pecahan Uang Rp 20.000Destinasi wisata Kebun Teh Malino diabadikan dalam lembar uang rp20.000. Kebun teh ini berada di Kabupaten Malino, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk dapat sampai ke tempat ini cukup menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari pusat kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Indonesia).

Selain keindahan kebun teh, di Malino juga banyak terdapat beraneka ragam buah-buahan.

4. Taman Nasional Wakatobi di Pecahan Uang Rp 10.000Potret Taman Nasional Wakatobi bisa kita temukan dalam pecahan uang rp10.000. Taman Nasional Wakatobi ini terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, ia terdiri dari 25 gugusan terumbu karang sepanjang 600 km.

Wakatobi merupakan akronim dari nama empat pulau besar, yaitu Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia dan Pulau Binongko. Perairan lautnya beragam mulai dari yang datar, melandai ke arah laut, dan bertubir curam. Kedalaman airnya bervariasi dengan bagian terdalam 1.044 meter. Permukaan laut ini berpasir dan berkarang.

Di Taman Nasional Wakatobi juga terdapat 112 jenis karang dari 13 famili. Selain itu terdapat 93 jenis ikan hias dan beberapa jenis penyu. Ada pula beberapa jenis burung laut seperti angsa-batu cokelat, cerek melayu dan raja udang erasia. Taman Nasional Wakatobi berbatasan dengan Laut Banda di utara dan timur. Di bagian selatan berbatasan dengan Laut Flores, sedangkan bagian baratnya berbatasan dengan Pulau Buton.

5. Danau Kalimutu di Pecahan Uang Rp 5.000Di pecahan uang Rp 5.000 kita bisa menemukan potret Danau Kalimutu. Danau ini berlokasi di puncak Gunung Kalimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores.

Danau Kalimutu terdiri dari tiga buah danau yang memiliki warna air yang berbeda-beda. Selain keindahan danau, wisatawan akan disuguhkan panorama alam pegunungan Kelimutu yang masih sangat asri.

6. Ngarai Sianok di Pecahan Uang Rp 2.000Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan Kota Bukittinggi, di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, potretnya bisa kita temukan dalam lembar uang Rp 2.000.

Lembah Ngarai Sianok, berbentuk memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di Kecamatan Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga menjadi salah satu objek wisata andalan provinsi.

7. Banda Neira di Pecahan Uang Rp 1.000Di uang Rp 1.000 kita bisa menemukan potret Banda Neira. Banda Neira merupakan salah satu pulau di Kepulauan Banda, dan merupakan pusat administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Secara administratif, Banda Neira terbagi dalam 12 desa, yakni Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali,Tanah Rata, Lonthoir, Walang, Katoro, Kumber, Selamon, Dender, Waer dan Pulau Hatta.

Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli (bunga pala) dunia, karena Kep. Banda adalah satu-satunya sumber rempah-rempah yang bernilai tinggi hingga pertengahan abad ke-19. Kota modernnya didirikan oleh anggota VOC, yang membantai penduduk Banda untuk mendapatkan palanya pada tahun 1621 dan membawa pribumi yang tersisa ke Batavia (kini Jakarta) untuk dijadikan budak.

Itulah tujuh destinasi wisata Indonesia yang potretnya diabadikan dalam lembaran uang kertas Indonesia.

DELFI HANA HARAHAP

Indonesia merupakan negara yang mengabadikan beberapa destinasi wisata dalam lembaran mata uang kertas rupiah. Berikut 7 di antaranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.