Cara Memilih Bir Sebelum Menikmatinya

Cara Memilih Bir Sebelum Menikmatinya

Bir pada dasarnya merupakan sebuah minuman beralkohol yang diproses dari fermentasi khusus. Hingga saat ini, minuman tersebut sudah cukup terkenal di berbagai negara. Tentu tidak lain karena rasanya yang enak serta aromanya yang menggugah selera. Oleh sebab itu, cari tahu cara memilih bir yang baik.

Bagaimana Cara Memilih Bir yang Baik Kualitasnya?

Agar Anda menikmati bir yang berkualitas, maka pahami cara memilihnya terlebih dahulu. Terlebih proses pengolahan bir nantinya juga akan mempengaruhi cita rasa minuman tersebut. Tentu akan lebih mudah mencari tahu manakah bir yang bagus atau tidak dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Cek Tampilannya

Sebenarnya, cara memilih bir yang terbaik sangatlah mudah. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda tertipu dengan produk palsu di pasaran. Pastikan mengecek tampilan pertama dari minuman ini. Caranya yaitu tuangkan ke dalam gelas dahulu.

Kemudian lihat tampilannya di bawah cahaya. Jika terlihat keruh, maka bisa saja kualitasnya tidak bagus. Pasalnya, hal ini bisa menjadi tanda bahwa terdapat masalah pada proses penyaringannya. Jika bir jernih maka sudah jelas Anda mendapatkan kualitas bagus.

  • Lihat Permukaan Bir

Selain mengecek tampilannya seperti langkah di atas, Anda juga bisa melihat permukaan minuman ini. Jika terdapat lapisan padat bergelembung kecil pada bir, maka bir ini tentunya sudah berkarbonasi dengan baik. 

Tentunya mampu menghasilkan rasa yang penuh. Akan tetapi, jika minuman tersebut terlihat cukup encer dan tidak bergelembung, maka proses fermentasinya terlalu cepat. Tidak heran jika tampilannya mirip seperti air minum biasa. Tentu rasa yang ada tidak begitu enak.

  • Perhatikan Ketahanan Penyimpanannya

Tahukah Anda, bahwa bir yang hanya disimpan dalam jangka waktu 48 jam saja tentu memiliki rasa tidak begitu kuat. Terlebih jika dibandingkan dengan bir yang sudah disimpan dalam jangka waktu 6 bulan. Tidak heran jika proses pembuatannya sangat berpengaruh terhadap kualitasnya.

Selain itu, bir yang bagus tentunya perlu memiliki cita rasa yang baik. Termasuk di awal, tengah, atau akhir saat menikmatinya. Jika rasanya hilang setelah menelan maka hal ini menjadi tanda bahwa kualitas bir tersebut kurang bagus.

  • Periksa Bau Bir

Tidak ada salahnya apabila Anda memanfaatkan penciuman untuk mencari tahu manakah bir yang bagus dan tidak. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan mencium aromanya terlebih dahulu. Bir sendiri memiliki aroma yang sangat khas.

Jika ketika Anda mengecek baunya ternyata terdapat aroma yang kurang familiar dari biasanya, maka bisa saja kualitas bir tersebut cukup rendah. Terlebih, aroma ini juga akan mencerminkan bahan bakar dari pembuatan minuman tersebut.

  • Konsistensi Rasa

Bir yang berkualitas tentunya memiliki rasa yang sangat konsisten. Dengan begitu, ketika Anda meminumnya, maka tidak akan meninggalkan cita rasa aneh setelah dinikmati. Bir yang enak akan memiliki rasa seimbang sehingga sangat memuaskan.

Jika rasa bir tersebut kurang seimbang serta sering meninggalkan sisa rasa kurang enak, maka sudah pasti kualitasnya rendah. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mempelajari langkah ini untuk mencari tahu kualitas bir yang baik agar nantinya tidak salah pilih.

Itu tadi beberapa cara memilih bir yang baik berdasarkan kualitasnya. Sekarang Anda jangan lupa untuk berpartisipasi di acara Guinness Loyalty Program agar berkesempatan mendapatkan hadiah. Tentu bisa jadi salah satu cara terbaik untuk menikmati bir sambil mengikuti program dari Guinness yang diselenggarakan tersebut.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *