Kebakaran Kilang Cilacap, Dirut Pertamina: Pasokan dan Distribusi Tetap Lancar

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memonitor penanganan insiden kebakaran tangki di kilang Cilacap, Jawa Tengah. Nicke juga memantau pasokan BBM dan juga mekanisme pola suplai Regular, Alternative dan Emergency (RAE) yang juga terdata lewat sistem Pertamina Integrated Command Center (PICC).

“Pasokan energi untuk masyarakat tidak terkendala dan distribusi tetap berjalan lancar,” kata Nicke dalam keterangan resmi Pertamina, Sabtu, 13 November 2021.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di tangki 36T102 sekitar pukul 19.15 WIB pada Sabtu petang. Penyebab kebakaran sementara belum diketahui. Namun saat insiden terjadi, area kilang diguyur hujan lebat disertai petir.

Pada saat kebakaran, tim di lapangan melaporkan bahwa tangki 36T102 berisi Pertalite. Tangki memiliki volume 31 ribu hingga maksimal 39 ribu dengan level 15,9-20 meter. Pertamina menyebut api baru bisa dikendalikan pukul 23.05 WIB atau 3,5 jam usai kebakaran.

Adapun PICC ini berada di Gedung Graha Pertamina Jakarta. PICC merupakan inovasi digitalisasi Pertamina dan menjadi pusat big data Pertamina yang berfungsi sebagai integrator dan memonitor seluruh aktivitas operasional secara real time.

Pantauan dilakukan lewat tampilan video CCTV yang terhubung langsung dengan sistem PICC. Nicke juga meminta anak buahnya di lapangan berupaya maksimal untuk mengatasi insiden.

12 Selanjutnya

Sekretaris Perusahaan PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan upaya pemadaman dilakukan Pertamina melalui offensive fire fighting. Untuk offensive fire fighting ini, Pertamina telah mengerahkan sekitar 50 personel dari Tim Bantuan Keadaan Darurat (TBKD) dan 30 personel pemadam dari internal Pertamina.

Sementara dari pantauan lapangan, ia menyebut api berhasil dikendalikan tim pemadam Pertamina dan terlihat semakin mengecil. “Meski berhasil dikendalikan, kami tetap melakukan penyekatan di seputar tangki sekaligus melakukan pendinginan dengan fire truck dan hydrant agar api benar-benar padam,” tutur Ifki.

Kebakaran tangki di Kilang Cilacap bukan kali ini terjadi. Lima bulan sebelumnya, Jumat, 11 Juni 2021, kebakaran juga terjadi di kilang Cilacap, yaitu area pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap pukul 19.45 WIB, di bundwill tangki 39T-205.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memonitor penanganan insiden kebakaran tangki di kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.