Lupa Minum Pil KB, Ini yang Harus Dilakukan

Pil kontrasepsi atau pil KB menjadi salah satu metode kontrasepsi oral yang banyak dilakukan pasangan suami-istri untuk mencegah kehamilan. Selain dapat mencegah kehamilan, pil KB juga dapat mengurangi risiko kanker ovarium dan endometrium hingga membantu mengobati sindrom ovarium polikistik.

Jika digunakan secara tepat dan teratur, pil KB bisa mencegah kehamilan secara efektif hingga 99 persen. Namun, pil KB memiliki cara kerja yang berbeda tergantung dengan pil KB yang sedang dikonsumsi, seperti dilansir dari laman Shape.

Pertama adalah pil kombinasi. Seperti namanya ini merupakan dari hormon buatan estrogen (hormon seks) dan progestin (versi sintetis dari hormon seks progesteron) bekerja sama untuk membantu mencegah pembuahan sel telur. Sedangkan pil progestin ini hanya mengandung progestin. Pil ini sedikit kurang efektif untuk mencegah kehamilan. Namun, pil progestin baik untuk ibu menyusui.

Lalu apa yang harus dilakukan jika kita melewatkan untuk minum pil KB?

Jika telat minum pil KB dalam satu hari, tidak memiliki peluang untuk hamil. Namun segera meminumnya saat ingat. Bahkan tidak masalah jika harus meminum sekaligus dua pil di hari yang sama.

Tapi, jika sudah melewatkan dua pil KB atau lebih, tentu saja peluang untuk hamil semakin meningkat. Untuk mengatasinya, minum dua pil selama dua hari berturut-turut setelah itu tetap minum pil secara teratur pada waktu dan dosis yang biasa. Serta gunakan pengaman saat berhubungan seks selama 7 hari ke depan.

Jika melewatkan dua atau lebih pil pada minggu pertama dan melakukan hubungan seksual tanpa kondom dalam 7 hari sebelumnya, maka harus menggunakan kontrasepsi darurat. Sementara itu jika sudah melewatkan lebih dari satu pil secara teratur, sebaiknya segera ganti kontrasepsi yang digunakan. Hal ini tetap tergantung pada kebutuhan fisiologis dan tahap perencanaan keluarga atau pencegahan kehamilan.

ANDINI SABRINA | SHAPE

Jika telat minum pil KB dalam satu hari, tidak memiliki peluang untuk hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.