Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Manfaat daun sirih sudah dikenal sejak lama. Sirih memang memiliki banyak sekali khasiat dan telah dijadikan obat herbal. Daun yang biasanya memiliki warna hijau tua tersebut termasuk dalam family Piperaceae. Manfaat daun sirih juga bisa didapat dengan banyak sekali cara, seperti contohnya air rebusan daun sirih bisa digunakan untuk mengatasi gangguan di organ mulut.

Apa Saja Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Mulut dan Gigi?

 

Daun sirih memiliki kandungan air hingga 85-90%. Tiap 100 gram dari daun sirih ini memiliki kandungan yang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh manusia. Seperti contohnya kandungan berupa vitamin B1, B2 vitamin A, sodium, protein, iodin dan masih banyak lagi yang lain.

Daun sirih juga rendah kalori serta lemak di mana kalori di dalam daun tersebut hanya berkisar 44 kalori saja tiap 100 gram. Sedangkan untuk kandungan lemaknya sendiri mencapai 0,4 hingga 1%. Dari semua kandungan tersebut beberapa diantaranya akan membuat mulut jadi lebih sehat dan menurunkan resiko gigi yang berlubang.

Menjaga Kebersihan Mulut

Minyak ataupun air rebusan yang dibuat dari daun sirih dianggap bisa menjaga kebersihan dari mulut Anda. Perlu untuk diketahui, bahwa daun sirih mempunyai sifat antiseptik dan juga antibakteri. Bakteri maupun kuman sisa dari makanan yang tertinggal di area mulut nantinya bisa dikurangi dengan berkumur ataupun dengan Anda mengunyah daun sirih.

Anda nantinya dapat menjaga kesegaran mulut dengan memperoleh manfaat dari tumbuhan yang satu ini. Caranya relatif sederhana, yaitu Anda hanya perlu menyiapkan 3 hingga 5 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih.

Selanjutnya di sini Anda letakkan di dalam wadah tahan panas berisi air kemudian panaskan wadah tersebut di atas kompor hingga nantinya air tersebut mendidih. Kemudian Anda diamkan hingga suhu turun.

Setelah itu barulah Anda bisa berkumur dengan menggunakan air rebusan daun sirih tersebut. Lakukan hal ini secara teratur setidaknya beberapa kali dalam sehari untuk menjaga kebersihan mulut Anda.

Mencegah Karang Gigi dan Gusi Bengkak

Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu mampu mengatasi gusi bengkak dan munculnya karang gigi. Berkumur dengan menggunakan air rebusan tersebut nantinya bisa menghambat pertumbuhan plak pada gigi. Jumlah plak yang dirasa terlalu banyak di dalam mulut akan menyebabkan karang gigi.

Karang gigi bisa merusak enamel. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh daun sirih tentu akan mengurangi jumlah plak yang terdapat di dalam mulut. Anda nantinya dapat merasakan manfaat dari daun sirih jika berkumur secara rutin menggunakan air rebusannya.

Namun pastikan Anda masih berumur di batas wajar, karena jika terlalu sering hal itu tentu akan menyebabkan efek samping. Tidak hanya mampu mencegah karang gigi, tapi daun sirih juga mampu menurunkan resiko gusi mengalami bengkak. Sifat antibakteri yang terdapat pada daun ini mampu membunuh bakteri penyebab gusi bengkak tersebut.

Meringankan Sakit Gigi

Manfaat daun sirih yang terakhir yaitu mampu meringankan sakit gigi yang disebabkan oleh karena gigi yang berlubang. Tentu sakit gigi karena gigi berlubang ini terasa sangatlah menyiksa. Bahkan karena saking sakitnya, hal itu akan mempengaruhi kondisi tubuh Anda yang lain.

Jika gigi Anda sudah terlanjur berlubang dan terasa sakit maka di sini Anda dapat mengunyah daun sirih. Cuci hingga bersih beberapa lembar dari daun sirih kemudian Anda kunyah. Jika Anda melakukan secara rutin maka perlahan rasa sakit karena gigi berlubang akan berkurang.

Manfaat daun sirih sudah dikenal sejak lama. Sirih memang memiliki banyak sekali khasiat dan telah dijadikan obat herbal. Daun yang biasanya memiliki warna hijau tua tersebut termasuk dalam family Piperaceae. Manfaat daun sirih juga bisa didapat dengan banyak sekali cara, seperti contohnya air rebusan daun sirih bisa digunakan untuk mengatasi gangguan di organ mulut. Apa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.