Pemulihan Operasi Total Hip Replacement

Operasi bonggol pinggul adalah operasi yang dilakukan untuk mengganti sendi pinggul yang rusak atau bermasalah dengan sendi buatan baru (prostesis). Tindakan ini dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit dan memudahkan pasien untuk berjalan normal.

Prosedur penggantian pinggul total atau operasi total hip replacement umumnya dilakukan pada pasien yang memiliki masalah sendi pinggul karena cedera, kerusakan sendi karena penuaan, atau radang sendi yang tidak dapat diobati dengan perawatan lain.

Operasi total hip replacement dilakukan jika terapi medis sudah tidak efektif lagi dalam mengobati nyeri yang dirasakan akibat kondisi di atas. Terapi medis yang dimaksud meliputi pemberian obat anti nyeri, glukosamin dan kondroitin sulfat, fisioterapi, dan pemberian alat bantu jalan.

Operasi total hip replacement juga dilakukan dengan mempertimbangkan kualitas hidup pasien. Pasien perlu menjalani penggantian pinggul total jika mengalami nyeri seperti:

  • Mengganggu kualitas tidur
  • Penurunan kemampuan untuk naik dan turun tangga
  • Membuatnya sulit untuk berdiri setelah duduk
  • Memburuk saat berjalan, bahkan saat menggunakan tongkat atau alat bantu jalan

Biaya operasi total hip replacement sekitar Rp 70 Juta. Biaya tersebut merupakan biaya paket yang meliputi biaya operasional, rawat inap, dan obat-obatan.

Pemulihan Operasi Total Hip Replacement

Telah diketahui dengan baik bahwa jika pasien memiliki masa tinggal yang lebih pendek di rumah sakit, mereka cenderung tidak mengalami komplikasi seperti infeksi dan pembekuan darah.

Untuk alasan itu kami mendorong Anda untuk bangun dari tempat tidur dan pulang ke rumah, sesegera mungkin. Ini melibatkan program yang dikenal sebagai pemulihan yang ditingkatkan setelah Pembedahan.

Ini adalah program rehabilitasi intensif, dengan bantuan dari fisioterapis dan terapis okupasi, yang bertujuan untuk menjaga waktu yang Anda butuhkan untuk tinggal di rumah sakit seminimal mungkin biasanya 2 hingga 4 hari, tergantung pada banyak faktor (usia, seberapa baik motivasi Anda, fisioterapi dll).

Tanggal pelepasan target akan ditetapkan ketika Anda diterima dan semua bertujuan untuk mencapai ini untuk Anda. Anda tidak akan diizinkan pulang sampai Anda aman dan fisioterapis puas.

Untuk alasan ini, Anda biasanya tidak perlu menemui fisioterapis lagi setelah Anda pulang, meskipun latihan Anda perlu dilakukan (seperti yang ditunjukkan) selama beberapa bulan. Anda akan merasakan sakit di lokasi operasi.

Untuk membantu ini, mungkin memberi Anda suntikan di tulang belakang Anda atau saraf di sebelah tulang belakang, atau analgesia yang dikendalikan pasien, yaitu ketika menekan tombol memberi Anda penghilang rasa sakit, atau dapat memilih metode lain untuk mengendalikan rasa sakit Anda.

Dokter akan melakukan yang terbaik untuk mengendalikan rasa sakit Anda sebanyak mungkin tanpa membahayakan Anda, jika perlu melibatkan perawat manajemen nyeri yang berdedikasi.

Mayoritas (sekitar 95%) pasien yang menjalani penggantian pinggul sangat senang dengan hasilnya dan senang bahwa mereka telah melakukannya, bahkan jika mereka memiliki beberapa sisa sakit di kaki mereka.

Mereka merasa bahwa operasi telah meningkatkan kualitas hidup mereka, bahkan jika itu belum tentu menyembuhkan semua gejala mereka. Sebagian kecil (5%) akan mengalami komplikasi dari beberapa jenis, tingkat yang akan mempengaruhi hasil atau manfaat dari operasi, atau mereka mungkin memiliki gejala berkelanjutan yang signifikan.

Ada hal-hal yang harus Anda harapkan setelah operasi penggantian pinggul. Ini termasuk: mati rasa di sekitar pinggul, pembengkakan kaki selama beberapa bulan, memar pada minggu-minggu awal setelah operasi, nyeri sisa di kaki atau pinggul (dalam beberapa kasus karena alasan yang tidak diketahui), kemungkinan nyeri punggung atau gejala saraf yang terperangkap, terutama jika gejala ini muncul sebelum operasi.

Operasi bonggol pinggul adalah operasi yang dilakukan untuk mengganti sendi pinggul yang rusak atau bermasalah dengan sendi buatan baru (prostesis). Tindakan ini dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit dan memudahkan pasien untuk berjalan normal. Prosedur penggantian pinggul total atau operasi total hip replacement umumnya dilakukan pada pasien yang memiliki masalah sendi pinggul karena cedera, kerusakan sendi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.