Gubernur NTB Sebut Kehadiran Sirkuit Mandalika Dongkrak Sektor Pariwisata

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengatakan penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor di Pertamina Mandalika Interrnational Street Circuit atau Sirkuit Mandalika diyakini akan membawa dampak ekonomi yang besar bagi NTB dan kebangkitan ekonomi Indonesia. Menjelang pelaksanaan sejumlah event internasional itu, sektor pariwisata mulai bergerak

“Saat ini saja seluruh penerbangan dan okupansi hotel telah penuh meski gelaran WSBK masih membatasi jumlah penonton karena pandemi,” kata Zulkiefli, Jumat, 13 November 2021.

Jika nanti kapasitas sirkuit bisa terisi seluruhnya dengan rangkaian event yang terus digelar, kata Zulkiefli, masyarakat jelas merasakan keuntungan dari event maupun pariwisata yang mulai bangkit.

Selain itu, menurut Zulkiefli, keberadaan sirkuit di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika itu adalah saksi bagi program pemerintah pusat dalam membangkitkan pariwisata dan ekonomi di NTB. ”Dengan membangun sirkuit di kawasan pariwisata super prioritas,” ujarnya.

Hari ini, Presiden Joko Widodo meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Lombok Tengah. Peresmian itu dilakukan sebelum sirkuit itu digunakan untuk event pertama balap motor yang akan digelar, yaitu Idemitsu Asia Talent Cup pada 13 November 2021.

Sirkuit Mandalika dibangun dengan teknologi aspal terbaru dengan panjang lintasan sejauh 4,3 kilometer dan 17 tikungan. Sirkuit kebanggaan Indonesia ini, akan menggelar balapan IATC pada 12-14 November, World Superbike pada 19-21 November dan MotoGP Mandalika pada Maret 2022.

Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika menjelang pelaksanaan kejuaraan balap motor pertama pada 13 November 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.