Dituduh Memperkosa, Kris Wu Hadapi Ancaman Hukuman 10 Tahun Penjara

Dituduh Memperkosa, Kris Wu Hadapi Ancaman Hukuman 10 Tahun Penjara

Aktor dan penyanyi, Kris Wu, mantan personel boy band EXO akan menghadapi ancaman hukuman 10 tahun penjara. Penyanyi keturunan Cina-Kanada ini ditahan karena kasus dugaan pemerkosaan.

Menurut Global Times, Senin, 2 Agustus 2021, Cina memiliki hukuman maksimal hukuman mati bagi seseorang yang didakwa melakukan kejahatan seksual atau pemerkosaan. Akan tetapi, media ini memperkirakan, Kris Wu akan menjalani 10 tahun penjara.

“Meskipun Kris Wu memiliki kewarganegaraan Kanada, dia dapat dihukum di bawah undang-undang Cina karena ia diduga melakukan tindak pidana di Cina,” tulis Global Times.

Jika Kris terbukti bersalah atas tuduhan-tudahun tersebut, maka kemungkinan ia akan dideportasi dari Cina usai menjalani hukumannya. “Wu sudah ditahan dan akan dimintai pertanggungjawaban secara pidana. Namun kerugian akibat endorse yang dibatalkan masuknya ke perdata sesuai dengan kontrak,” ujar perngacara dari firma Beijing Lanpeng Law Firm seperti dikutip oleh Inquirer.

Kepolisian Beijing menahan Kris Wu, mantan anggota grup idola Korea Selatan, EXO pada Sabtu, 31 Juli 2021 atas dugaan pemerkosaan. Dia sebelumnya dikabarkan memperkosa seorang remaja saat sedang mabuk.

Kabar itu menyebar melalui situs Sina Weibo dari Biro Keamanan Umum Distrik Chaoyang, Beijing. “Polisi telah menangkap seorang pria bermarga Wu, 30 tahun, warga negara Kanada atas dugaan pemerkosaan, untuk menanggapi laporan online seseorang dengan pria bermarga Wu itu yang disebut telah memikat remaja wanita agar berhubungan seks dengannya,” demikian ditulis dalam situs itu yang dikutip dari WWD.

Gadis yang melaporkan Kris Wu pada 18 Juli 2021 itu membongkar kejadian yang lebih mengerikan. Ia mengungkapkan korban Wu telah mencapai lebih dari 31 termasuk dirinya. Dan gadis-gadis di bawah umur ini dibuat menjadi sangat mabuk lalu diperkosa. Lebih jauh, gadis itu menyebutkan salah satu korban telah melakukan aborsi setelah tahu Wu menderita penyakit kelamin.

Setelah kabar ini muncul, merk-merk terkenal seperti Lancome, Kiehl’s, dan Bestore menghapus unggahan media sosial mereka yang menampilkan Kris Wu. Kosmetik merk Kans juga mengakhiri kontrak dengan Wu. China Central Television News juga menghapus unggahan promo lagu Wu yang terakhir. Kris Wu sendiri sudah membantah tudingan itu.

DEWI RETNO

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *