Manfaat Cek Kesehatan Secara Rutin yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Cek Kesehatan Secara Rutin yang Perlu Anda Ketahui

Mayoritas masyarakat Indonesia, umumnya hanya akan memeriksa kesehatannya ketika mereka merasakan gejala gejala tertentu. Seperti misalnya sakit badan, meriang atau merasakan sakit di area tertentu pada tubuh.

Hal itu sebetulnya sangat wajar, namun, mulai dari sekarang, alangkah baiknya anda mulai memeriksa kesehatan anda meskipun anda tidak sedang dalam kondisi sakit. Misalnya dengan monitor gula darah, asam urat dan lain sebagainya.

Kapan Harus Cek Kesehatan?

Meskipun saat ini anda dalam kondisi sehat dan segar bugar. Namun, tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda ke rumah sakit atau klinik klinik yang ada di sekitar tempat tinggal anda.

Anda bisa melakukan cek kesehatan seminimalnya 1 tahun sekali dan akan lebih baik lagi jika anda melakukannya setiap 6 bulan sekali.

Jumlah tersebut adalah rutinitas normal yang perlu anda lakukan ketika berusia dibawah 40 tahun. Jika anda berusia lebih dari 40 tahun, anda disarankan untuk melakukan kontrol secara lebih sering.

Kenapa hal demikian perlu dilakukan? Sebuah penyakit terkadang menimbulkan efek langsung dalam tubuh, namun, ada juga penyakit yang sifatnya mengendap dan tidak menimbulkan efek secara jangka pendek.

Dengan memeriksa diri ke dokter, berbagai penyakit yang tersembunyi mungkin akan diketahui secara pasti, sehingga dengan itu, anda bisa melakukan pencegahan dan pengobatan sebelum penyakit itu berubah menjadi kronis.

Selain itu, memeriksa kesehatan ke dokter juga bertujuan agar anda lebih mengetahui keadaan tubuh anda. Nantinya, diharapkan anda lebih waspada dan lebih disiplin dalam menjalani aktivitas kehidupan.

Apa Saja Yang Harus Diperiksa?

Jika anda adalah anak anak ataupun orang dewasa yang masih berumur dibawah 30 tahun, anda bisa melakukan general check up.

Tes general check up biasanya dilakukan untuk mengukur kolesterol, tekanan darah, hematologi, fungsi ginjal, fungsi jantung, paru paru dan beberapa anggota tubuh penting lainnya.

Pada usia yang lebih tinggi lagi, anda mungkin membutuhkan tes untuk mengetahui apakah ada tanda tanda awal dari sebuah penyakit seperti stroke, diabetes, jantung ataupun ginjal dalam tubuh anda.

Nah, selain mengetahui keadaan tubuh anda secara pasti, memeriksa kesehatan ke dokter juga berfungsi untuk menentukan asupan apa saja yang kurang di dalam tubuh anda.

Misalnya, jika tubuh anda kekurangan vitamin c, maka dokter mungkin akan menganjurkan anda untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Begitu juga jika misalnya ginjal anda sedikit bermasalah. Dokter mungkin akan menyarankan anda untuk banyak minum air putih.

Manfaat Cek Kesehatan Rutin

Ketika anda melakukan cek kesehatan rutin, anda akan mendapatkan beragam manfaat. Diantaranya adalah:

Biaya Lebih Murah

Untuk melakukan cek kesehatan tentu saja anda harus mengeluarkan kocek pribadi anda, jumlah bisa puluhan ribu, ratusan ribu bahkan mungkin jutaan.

Sebagian orang mungkin akan merasa sayang jika harus mengeluarkan uang tersebut untuk periksa kesehatan. Namun, yang harus disadari adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, anda bisa terminimalisir dari serangan penyakit.

Ketika misalnya anda didiagnosa terkena penyakit tertentu yang sifatnya belum kronis. Anda bisa langsung melakukan penanganan sebelum penyakit tersebut membesar dan mengharuskan anda untuk mengeluarkan biaya besar.

Mencegah Penyakit Berkembang

Dengan mengetahui gejala awal dari sebuah penyakit, anda bisa segera melakukan pengobatan awal. Hal ini nantinya bisa menghambat pertumbuhan ataupun penyebaran penyakit dalam tubuh.

Jika penyakit dalam tubuh tidak ditangani dengan baik, maka resikonya penyakit akan semakin menyebar dan membahayakan kesehatan anda di masa depan.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *